Selasa, 20 September 2011

Mencegah Penyebaran Virus

Virus adalah sesuatu yang paling dibenci oleh banyak orang. Banyak media penyebaran virus, diantaranya melalui internet, flashdisk atau flashdrive (FD), e-mail, dan lain lain. Dalam hal ini yang akan saya soroti adalah flashdisk.
Banyak orang yang salah dalam menggunakan FD. Dalam artinya FD seharusnya digunakan sebagai data traveller. Tetapi pada praktiknya kebanyakan orang menggunakan FD sebagai data saver. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mewabahnya virus dalam laptop atau komputer kita.
Mengapa? Karena FD kita gunakan sebagai data saver maka apabila ada data penting kita enggan untuk menghapusnya, selain itu ketika melakukan scaning juga akan lama atau berat karena terlalu banyak data yang disimpan. Karena itulah virus dapat segera menyebar ke komputer atau laptop kita karena autorun-nya berjalan.
Coba bandingkan apabila kita menggunakan FD sebagai data traveller, jika ada virus dalam FD maka dapat segera dihapus atau segera mem-format-nya, selain itu ketika ita melakukan scanning maka akan berjalan lancar atau ringan.
Oleh karena itu, usahakanlah menggunakan FD sebagai data traveller untuk mempercepat proses scanning dan memperkecil kemungkinan merasuknya virus ke dalam komputer kita. Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus kita juga harus selalu mengaktifkan antivirus kita agar komputer kita selalu terproteksi dengan aman. Lantas, bagaimana cara memilih antivirus yang bagus? Pada dasarnya semua antivirus itu bagus, asalkan selalu di-update. Akan percuma apabila anda mempunyai antivirus kelas dunia yang mahal tetapi tidak pernah di-update, maka dari itu update-lah selalu antivirus kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar